Belajar dari Sam Walton

Bulan kmaren kita sempet ditugaskan ngbaca buku yang berjudul “The Wal Mart Way” tentang kempemimpinan dan keberhasilan perusahaan Wal Mart di bawah kepemimpinan Sam Walton…
i can’t to share detailly, but saya bisa mengatakan bahwa setelah membaca buku tersebut saya mndapat begitu banyak pelajaran baru tentang banyak hal, terutama memotivasi diri sendiri dan orang lain….
Adapaun beberapa hal secara umum yang bisa saya muat di sini sebagai pengingat buat saya n buat yg baca.
Sebenrnya banyak sekali hal yang dapat saya pelajari dan saya aplikasikan dalam hidup saya setelah membaca buku “The Wal-Mart Way” ini. Akan tetapi di sini, saya akan menjelaskan secara garis besarnya saja.
1. Setiap usaha yang berhasil dimulai dengan suatu impian yang memerlukan tekad, semangat, dan keinginan untuk tumbuh jika ingin terpenuhi. Kalimat ini sungguh sangat menyadarkan saya kemalasan saya dalam melakukan sesuatu. Pernyataan menyadarkan saya seolah-olah saya adalah orang yang tidak punya impian masa depan jika terus-terusan seperti ini dan hanya rasa kecewa dan patah semangat yang dimiliki setiap ada tantangan atau masalah.
2. Cara Kepemimpinan Sam yang selalu melayani
Saya sangat setuju dengan kepemimpinan Sam yang selalu rendah hati dan tidak membeda-bedakan. Dia selalu melayani setiap orang dengan begitu baik dan selalu berusaha mengutamakan kepentingan dan kepuasan mereka. Dia selalu menciptkan hubungan yang baik dengan siapa pun dan dia tidak pernah merusak hubungan tersebut. Hal ini juga sangat penting dalam kehidupan setiap orang karena jika selalu melayani dan merendah kepada setiap orang, maka yakin hidup kita pasti akan bahagia dan dihargai di mana pun kita berada. Ini juga pedoman pergaulan hidup yang patut saya pelihara.
3. Budaya Perusahaan
Saya sangat kagum dengan budaya perusahaan Wal-Mart yang mengutamakan rasa kekeluargaan. Keberhasilan Sam tidak terlepas dari dukungan rekan kerjanya dan kenapa mereka rela menolong dia adalah karena Sam telah memperlakukan mereka seperti keluarga dalam perusahaan sehingga mereka merasa perusahaan sebagai milik mereka sendiri. Mereka juga dapat tumbuh karena Sam. Jadi, meskipun Sam meninggal, budaya dan perkembangan Wal-Mart terus dijaga. Inilah yang perlu saya ambil, jika saya telah melakukan hal seperti itu kepada orang lain, yaitu dengan memperlakukan mereka sebagai keluarga dan selalu berbagi pengalaman serta menghargai mereka maka saya pasti akan dikenang sepanjang masa seperti halnya Sam.
4. Semangat untuk Terus Bertumbuh
Semangat juang dan kemauan untuk terus belajar dari Sam yang perlu dijadikan pelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Seorang pengusaha saja masih terus ingin belajar dan ingin mencapai kesempurnaan untuk memberikan yang terbaik. Oleh karena itu, pada saat saya membaca buku ini, saya merasa seperti orang yang tidak mempunyai semangat hidup dan tidak memikirkan ke depan nanti jadinya apa. Inilah yang perlu diubah

Leave a Reply

